.:larashati.wordpress.com.:

tentang Hidup dan Kehidupan

Tentang penyakit muntah

Posted by larashati on May 1, 2007

Ada beberapa hal yang berkaitan dengan penyakit muntah ini, tentunya banyak dari kita yang pernah mengalaminya, anda?

Muntah terbagi menjadi dua,

  • Muntah yang biasa, ini karena memang mau muntah, muntah seperti ini adalah muntah yang tidak ditahan dan tidak dipaksa, tetapi akan terjadi dengan sendirinya jika sudah tidak dapat ditahan lagi.
  • Muntah yang disengaja, atau diusahakan agar muntah, ini bermanfaat […]bagi kesehatan jika memang diperlukan muntah, misalnya bila mengetahui kalau keracunan makanan atau tertelan sesuatu yang berbahaya,

Muntah dapat terjadi disebabkan oleh beberapa hal, yaitu

  • Banyaknya sputum [dahak] yang akan keluar, sehingga mempengaruhi perut, sedang dahak/ riak tersebut harus keluar
  • Lemahnya pencernaan sehingga tidak dapat menghancurkan makanan yang ada dalam perut
  • Terlalu banyak makan [kekenyangan], sehingga perut tidak dapat menampungnya
  • Makanan yang tidak sesuai dengan perut atau memakan makanan yang tidak disukai [merasa jijik]
  • Dapat juga karena pengaruh kejiwaan seperti terlalu sedih atau terlalu susah
  • Tanda kehamilan bagi seorang wanita

Sesungguhnya muntah dapat membersihkan perut dan dapat pula menguatkan usus, menyegarkan pandangan, menghilangkan sakit kepala dan bermanfaat bagi kandung kemih,[ coba anda rasakan pengaruh positif ini setelah anda muntah..,

Tetapi terlalu banyak muntah mengakibatkan lemahnya perut, merusak gigi, pandangan dan pendengaran, bagi yang sedang sakit tenggorokan seperti sariawan, sakit dada dan mengeluarkan dahak darah, seharusnya menghindari terjadinya muntah.

Ketika muntah sebaiknya yang anda lakukan adalah memejamkan mata dan mengikat perut atau memegang perut dengan tangan dengan kencang, setelah itu membasuh muka dengan air dingin, setelah itu sangat bermanfaat meminum air jeruk. Semoga bermanfaat…….

17 Responses to “Tentang penyakit muntah”

  1. Kalau muntah karena masuk angin?
    ——————————————————————
    #itu muntah karena emang mau muntah, setelah muntah jadi lega kan?masuk angin bisa juga karena kita makan makanan yang tidak cocok ma pencernaan, lalu muntah.

  2. Bocah said

    lam kenal!
    ———————————————-
    #terima kasih.

  3. traju said

    sapa tuh si mumun??kenalin donk…
    *muntah*
    ——————————————————————————–
    #boleh, ntar aq knalin he..he…

  4. superkecil said

    sek sek…
    kalo muntahnya karena produksi asam lambung yang meningkat, apakah minum air jeruk setelah muntah apakah tidak bahaya? saia pikir itu akan mengirirtasi lambung. kelebihan produksi asam lambung akan menyebabkan muntah karena dinding lambung teriritasi dan akan luka. kelukaan ini mengakibatkan perih dan merangsan muntah. jadi kalo minum air jeruk (jeruk = asam) apakah ga tambah mengiritasi lambung?
    maybe, for this is other case kalee yak?
    ———————————————————————————————————————
    # gini aja..coba deh ntar klo ada yg abiz muntah..suruh minum air jeruk…
    *rasakan manfaatnya*
    *tenggorokan jadi plong…*

  5. YaYaN said

    baru tau aku klo muntah itu adalah penyakit…
    itu bukannya bentuk dari gejala penyakit???
    —————————————————–
    #gejala penyakit?klo demam gimana?penyakit demam juga ada lho..

  6. 9racehime said

    kalo muntah karna di sengaja kaya org2 yg kena eating disorder bagus ato tidak?
    kalo ada khasiatnya…boleh juga tuh…=p
    mksih ya udh mampir2 blog saya…:-)
    ————————————————————————
    #u’re welcome

  7. yaqub said

    aqub mau nanya? kalau keluhan muntah tahik(fases)itu ada ngak! kalau ada mekanismenya gimana? & patopsiologisnya

  8. arya said

    boleh tau referensinya ?

    ————————***———————***————————***———————

    #Boleh…Valid ga usah kuatir…he…3x
    Kapan kita penelitian ???

  9. maclingok said

    Thanks atas infonya ,
    tapi yang saya ingin tanyakan saya punya teman , sehabis makan selalu muntah dan terus terang kalau saya jalan ama dia malu bangeut karena selalu abis makan dia itu ke Toilet untuk muntah dan kencang sekali.
    yang ingi saya tanyakan itu apa ada obat nya untuk menghindari supaya tidak muntah setiap abis makan ?? dan apa akibatnya kalau sering seperti itu ?

    Thanks

  10. yogi dunk222 said

    saya mau tanya nich ! kalo pas udah makan terus langsung muntah karena mual2, itu dikarenakan apa yach ?
    makasich !

  11. Diana said

    Hi there..

    ibu saya udah tiga hari sakit. dia muntah2 dan ngga bisa buang air besar. apakah penyebabnya? tolong kasi solusi dong soalnya udah ke dokter tapi belum sembuh juga.
    thanks

  12. rudy said

    kalau sering muntah dan merasa mual, setelah konsumsi makanan knp yah?? sblmya tdk ada apa2..? tlg infonya7REFERENSINYA YAH….SERTA SOLUSI.TQ

  13. amanto said

    muntah dklasifikasikan berasarkan waktunya: sesaat setelah makan brarti ada masalah d saluran makan atas sampai muntah yang terjadi 1 hari setelah makan karena ada masalah di anusnya….

  14. putry said

    apa si pnyakit yg mnyebabkan pnderitanya mengalami muntah riak dan terdapat darah??
    dan pengobatannya itu mkan kuning telur jawa dan madu. tlong jga solsinya ya,..

  15. IVA said

    GIMANA DENGAN ANAK SAYA YANG MUNTAH RUTIN 2 MINGGUAN, MULAI USIA 6 BULAN SAMPAI SEKARANG 7,5 TAHUN, BAGI SEMUANYA MOHON BERBAGI SOLUSI TRIM,S

  16. igor said

    Anak saya saat ini berumur 13 tahun, sejak umur 2,5 tahun sering muntah-muntah kemudian saya bawa ke RS Dr Soetomo Surabaya katanya sakit “Siklik Vomiting” sampai saat ini masih muntah ( biasanya 2-3 minggu sekali.
    Yang ingin saya tanyakan Penyebabnya apa? dan bagaimana pengobatannya?

  17. Chandra chitet pioero said

    Min,,Kl sya muntah karena mau mengeluarkan dahak.bagaimana cara mengatasinya…?
    Terimakash

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: