.:larashati.wordpress.com.:

tentang Hidup dan Kehidupan

tentang olahraga

Posted by larashati on May 19, 2007

SEBAGAIMANA telah diketahui, tubuh memerlukan makanan dan minuman. Akan tetapi tidak setiap makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh menjadi bagian yang diperlukan oleh tubuh, jika bertumpuk-tumpuk akan menimbulkan kerugian pula, karena akan memberatkan badan dan membutuhkan penyaluran (jalan keluar), dimana jika hal ini tidak diperoleh akan menimbulkan penyakit. Demikian pula bila… terlalu sering makan dan minum , akan mengakibatkan makanan itu menjadi panas dan membusuk, menjadi dingin membeku ataupun suhu badan menjadi tidak normal karenanya.

Untuk mengatasi timbulnya penyakit itu , maka olahraga sangat diperlukan. Dengan berolahraga, pembakaran dalam tubuh akan lancar, sisa makanan akan tersalur keluar (misalnya melalui keringat). Sisa makanan yang berlebihan itu tidak terlalu lama tersimpan di dalam tubuh, maka badanpun menjadi ringan kembali dan lincah gesit, siap menerima makanan dan minuman yang baru, meluruskan persendian serta menguatkan otot. Tubuh akan aman dari segala penyakit, jika olahraga itu dilakukan secara terarur dan porsinya tidak melebihi yang semestinya.

Waktu melakukan olahraga hendaknya setelah makanan turun ke perut, telah sempurna dicerna. *coba aja kita olahraga waktu perut kenyang dengan makanan…berani?*

Dalam berolahraga, anggota tubuh yang paling banyak digerakkan akan lebih kuat dibandingkan dengan yang lain. Dan hendaknya olagraga itu dilakukan setahap semi setahap, sedikit demi sedikit dari yang paling ringan menuju yang paling berat.

Olagraga dapat pula dilakukan sebagian-sebagian anggota tubuh, seperti olahraga kaki (berjalan atau berlari), olahraga mata (penglihatan), olahraga lisan (berbicara) dan lain-lain sebagainya.

Adapun seperti olagraga atletik, bela diri, gulat termasuk olahraga seluruh badan. Olahraga jiwa; menuntut ilmu (misalnya kuliah), senang, gembira, sabar, teguh pendirian, murah hati dan berbuat baik. Diantara olahraga kejiwaan ini yang paling tinggi dan berat adalah sabar, mencintai, berani dan berbuat baik.(aduh…sulit ternyata ya..)

Semua ini harus dilakukan sedikit demi sedikit secara terus menerus, sehingga nantinya menjadi sifat yang permanen dan melekat dengan dengan diri.

itulah sedikit tentang olahraga…bagaimana dengan KAMU?

*jarang-jarang olahraga nii…*

3 Responses to “tentang olahraga”

  1. destiutami said

    . Olahraga jiwa; menuntut ilmu (misalnya kuliah)…

    Aduh, baru denger nih!🙂
    Weii, saya jarang olahraga, sampai2 diingatkan oleh dokter. Aduh…
    —————————————————————–
    #yup, ‘menuntut ilmu’ adl olahraga jiwa, ‘senang’ juga olahraga jiwa, badan jadi seger kan…sebaliknya kalau kita ‘sedih’, badan jadi….

  2. […] sport Oktober 6, 2009 Diarsipkan di bawah: sepak bola, sport — mamungajaya @ 5:12 am tentang olahraga […]

  3. Rent Bali villa said

    Terima kasih atas info tentang olah raga….
    Saya gemar sekali olah raga badminton,akan tetapi kenapa ya “sepak bola”?
    Mungkin menurut aku sich,”sepak bola”emang digemari,mulai anak kecil sampai orang dewasa pun menggemarinya….
    Salam kenal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: